BELAJAR MEMBUAT LIST VIEW KEREN DENGAN ANDROID STUDIO BERSAMA JOURNEY OF PIAMAN

ListView adalah user interface pada Android yang menampilkan item-item dari sekumpulan daftar yang tersusun berbaris ke bawah atau ke samping dengan tampilan yang dapat scroll. ListView menampilkan item-item dari suatu Array atau List atau Query Database yang dijadikan data model sebagai item dari ListView.




Nah Kali ini kita akan membuat listview sederhana tapi keren. yuk kita praktekkan caranya.

Cara Membuat List View Sederhana dan Keren di Android Studion:

1. Buat Project Baru, lalu beri nama Projectnya.


2. Kemudian Pilih device yang ingin di jadikan target untuk di jalankan. disini saya buat aplikasi untuk phone dan tablet. jika sudah klik Next.



3. Kemudian pilih Activity nya. disini saya pilih yang EmptyActivity. klik Next.

4. Lalu isikan nama activitynya, atau biarkan default. lalu klik Finish.


5. Sekarang kamu cari listview dan kamu tarik ke komponen. lihat gambar berikut.



6. Jika sudah selesai, kamu pilih tab MainActivity.Java. lalu ketikkan koding berikut ini.


7. Jika sudah selesai. Coba RUN program anda. jika success hasilnya seprti ini:

8. Jika kamu memilih salah satu list, maka akan muncul notifikasi seprti berikut:




Bagaimana? Mudah bukan?. Nah itu tadi sedikit tutorial dari saya, jika ada kekurangan saya mohon maaf. dan jika ada kesalahan silahkan komentar dibawah agar segera saya koreksi. Dan jangan lupa SHARE artikel ini jika bermanfaat menurut kalian, supaya lebih banyak orang lagi yang tau. Sekian dari saya. Terimakasih, Salam Mambagun Nagari by Journey Of Piaman.


Previous
Next Post »